MAGETAN MASUK DALAM KLARIFIKASI EVALUASI KABUPATEN LAYAK ANAK ( KLA Kabupaten Magetan ) - PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 11 Juni 2017

MAGETAN MASUK DALAM KLARIFIKASI EVALUASI KABUPATEN LAYAK ANAK ( KLA Kabupaten Magetan )



MAGETAN MASUK DALAM KLARIFIKASI EVALUASI
KABUPATEN LAYAK ANAK TINGKAT NASIONAL
TAHUN 2017



Langkah Kabupaten Magetan untuk meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) melalui beberapa kategori yang di awali dengan kategori : Pratama, Madya, Nindia, Utama Baru KLA dari Presiden RI bukanlah suatu impian belaka, Pasalnya, selama dua tahun penilaian (2015-2017) pencapaian Kabupten magetan cukup signifikan. Seperti diketahui, bahwa Kabupaten Magetan pada tahun sebelumya belum lolos verifikasi KLA tapi pada tahun ini Kabupaten Magetan merupakan Kabupaten yang di verifikasi lapangan. Hal ini ditegaskan oleh Kepala  Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana,  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Magetan Drs.Samsudi.MM saat kunjung lapang mendampingi tim verifikasi Kabupaten/Kota Layak anak Kementerian PPPA RI Rabu (17/5/2017).


Selama dua tahun berjalan 2015-2016 capaian kabupaten  magetan dalam memenuhi hak anak maupun perlindungan anak telah di koordinasikan dengan baik oleh Bappeda Kabupaten Magetan  selaku ketua gugus tugas KLA dan Dinas PPKB PP dan PA selaku Sekertaris dan hasilnya Kabupaten Magetan masuk Verifikasi Lapangan, tahapan penilaian yaitu : verifikasi madiri dengan cara menjawab  24 indikator melalui Web, Verifikasi Administrasi dan Verifikasi Lapangan, verifikasi lapangan ini untuk memastikan apakah sistem berbasis hak anak benar-benar dilakukan dalam upaya pemenuhan hak anak. Jelas Kabid PP dan PA Kabupaten Magetan Endang Setyowati S.Sos saat mendampingi Tim Verifikasi di lapangan.
Selama dua tahun

Tim verifikasi KLA tingkat Nasional di pimpin oleh Dr. Ernanti Wahyuni pakar anak, Achmad marzuki yang merupakan  pakar anak, DR. Hasnah Aziz Kabid Deputi TKA , Davip Arya Bhima SE,MAB Kasubag Umum Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, Agung Budi Plt.Kabid Deputi PA.


Verifikasi lapangan berakir pada tanggal 18 Mei 2017 Pukul 17.00 WIB dengan kunjung lapang di tempat bermain layak anak di seputar alun - alun magetan, Pada malam harinya diadakan acara advokasi dengan Bupati Magetan dan Gugus tugas KLA Magetan. 


Pada sambutanya Bupati Magetan menyampaikan  apresiasinya kepada semua SKPD yang mendukung mewujutkan Kabupaten Mageran menuju Layak Anak sehinga pada tahun ini dapat lolos Klarifikasi serta menyampaikan paparanya tentang Kabupaten Magetan yang menuju layak anak guna menyakinkan Tim Verifikasi Lapangan bahwa kabupaten magetan memiliki kotmitmen yang tinggi mewujutkan Kabupaten Layak Anak.

Tim Verifikasi Lapangan KLA Tingkat Nasional  Achmad  Marzuki (Pakar Anak) menyampaikan hasil kunjung lapang bahwa Kabupaten Magetan sudah cukup bagus dalam memenuhi hak anak mulai dari , pelayanan P2T-P2A yang dapat menjangkau sampai Desa/Kelurahan, forum Anak Kabupaten Magetan merupakan bibi-bibit generasi bangsa yang pintar-pintar, pelayanan kesehatan yang baik dan fasilitas-fasilitas lainya , mulai dari sekolah, pencatatan sipil, perpustakaan, tempat bermain dan fasilitas umum terkait anak.

Sebagai masukan kami harap supaya fasilitas-fasilitas tersebut di tingkatkan dan juga berprespektif anak penyandang difabel, dan kami harapkan setiap tahunya semakin meningkat mulai dari fasilitas, pelayanan serta dikuatkan dengan Peraturan Daerah untuk mendukung Kabupaten Magetan menjadi Layak Anak.

Itulah sekilas gambaran Tim Verifikasi Lapangan KLA Tingkat Nasional di kabupaten Magetan. “Semoga Kabupaten Magetan berhasil mewujudkan Kabupaten Layak Anak”.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot